Home » » 10 Tips Penting dalam Belajar Desain

10 Tips Penting dalam Belajar Desain

Bagi sebagian orang designer merupakan pekerjaan idaman dan penting, meskipun bagi sebagian lain tidak terlalu penting. Agar menjadi seorang desainer yang sukses maka anda harus terus belajar dan terus belajar untuk mencapai tangga tertinggi dalam bidang desain, hal ini tentu tidak mudah mengingat dunia desain selalu berubah dan perubahannya relatif cepat, maka dari itu penting dipahami untuk belajar desain tidaklah gampang, ada beberapa hal yang harus anda pelajari agar menjadi seorang desainer yang sukses. Dalam artikel kali ini penulis akan sedikit mengutip pernyataan dari Ryan Gontodkusumo yang merupakan founder sribu.com yang menangungi ribuan desainer -desainer handal di indonesia melalui situsnya.

Berikut 10 Tips Penting untuk Belajar Desain
1.    Jangan Pernah Berhenti Belajar

Ini adalah tips penting untuk para desainer. Jangan pernah puas atas pelajaran yang telah Anda dapatkan. Belajar tidak pernah terlalu banyak. Anda tidak pernah bisa menguasai segalanya, tapi setidaknya Anda harus mencoba. Jangan batasi diri Anda hanya dalam satu arah. Misalnya saja, jika Anda sudah jago pada Photoshop, tidak ada salahnya untuk beralih belajar ke Illustrator. Saat ini, sudah sangat banyak tips penting mengenai hal tersebut, seperti tutorial pada youtube dan artikel lainnya. Anda akan sangat terkejut, bahwa belajar Illustrator tidak semudah saat Anda mengoperasikan Photoshop.
 2.    Membaca Tentang Desain
package_design_book_191010Teruslah gali pengetahuan Anda tentang desain. Entah itu dari buku, atau sekedar artikel di majalah. Yang penting, Anda juga harus terus up-to-date dengan apa yang terbaru di bidang ini. Jangan hanya sekedar melihat gambarnya saja, tetapi cari tahu tentang siapa pembuatnya, apa arti di dalamnya, dan lain-lain yang tentunya menambah pengetahuan Anda.
 3.    Tandai Semua Yang Menarik
note-essential-tips-for-designers
Tentunya hampir setiap hari Anda mengakses internet dimanapun Anda berada. Jangan lupa untuk menAndai hal-hal yang Anda anggap bagus atau menarik.
 4.    Tetap Terorganisasi
time-management-essential-tips-for-designers
Ini adalah tips penting yang harus Anda pahami. Banyak sekali desainer yang terbengkalai dengan hal-hal yang dia lakukan. Aturlah sedemikian mungkin agar kehidupan Anda dan pekerjaan Anda seimbang. Kemudian, cobalah mempermudah pekerjaan Anda, agar Anda tidak menghabiskan hari Anda hanya untuk pekerjaan Anda yang sepele, seperti mencari folder. Usahakan untuk membuat folder penting dapat mudah ditemukan.
 5.    Gunakan Jejaring Sosial
1806849358_1369566616Jangan pernah sepelekan jejaring sosial. Jejaring sosial bukan hanya tempat berkomunikasi atau tempat ber-galau ria kok. Di jejaring sosial, Anda dapat menemukan banyak informasi-informasi penting mengenai desain. Jangan Cuma diam saja melihat timeline twitter, tapi cobalah cari hashtag ataupun topic mengenai desain.
 6.    Jangan Takut Untuk Berbeda
difference-essential-tips-for-designers
Orang-orang selalu cenderung mengikuti orang banyak. Cobalah Anda mengikuti tips penting ini. Anda harus mencoba untuk beda. Karena dengan hal itu, akan membuat Anda menjadi unik. Tunjukkanlah ekspresi dan kreasi Anda. Jangan pernah takut gagal. Karena gagal adalah keberhasilan yang tertunda.
 7.    Tunjukkan Diri Anda
7391924_f260Jika Anda ingin dikenal, Anda harus menunjukkan diri Anda ke dunia. Coba saja gunakan situs seperti http://www.deviantart.com/ dan http://www.behance.net/ untuk memamerkan hasil karya Anda. Kemudian, jangan lupa ambil bagian dalam forum dan diskusi. Atau, Anda bisa saja membuat portofolio sendiri bahkan blog sendiri. Anda juga bisa memamerkannya di jejaring sosial.
 8.    Hasilkanlah Uang
moneyBanyak orang yang mengatakan, mereka mendesain untuk kesenangan mereka. Hal itu memang benar. Tetapi tidak ada salahnya jika kesenangan atau hobi Anda, Anda jadikan uang. Hal yang paling sederhana adalah menjadi freelancer. Anda bisa mengikuti lomba seperti di Sribu. Tentunya jika menang, hal itu dapat menghasilkan uang bukan?
 9.    Berolahragalah
sport
Jangan menghabiskan waktu hanya di depan komputer. Anda juga harus memikirkan kebugaran diri Anda. Lakukanlah beberapa olahraga. Mulailah dari yang kecil seperti jogging, atau sekedar senam aerobik bersama teman-teman.
 10.  Kurangi Bekerja
work-essential-tips-for-designers
Jangan kaget saat membaca salahsatu tips penting ini. Tetapi, perlu Anda tahu bahwa dengan mengurangi pekerjaan Anda, berarti Anda bekerja lebih produktif. Jika Anda merasa tidak bisa melakukannya, maka jangan lakukan. Jangan biarkan diri Anda pusing sendiri dengan pekerjaan-pekerjaan yang tidak bisa Anda handle.
Sumber : blog.seribu.com

Judul : 10 Tips Penting dalam Belajar Desain
Rating : 100% based on 79599 ratings. 297 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Thanks atas kunjungan Sobat beserta kesediaannya untuk membaca artikel ini. Jika ada yang kurang paham dapat ditanyakan melalui kotak komentar dibawah ini namun di larang berkomentar yg mengandung SARA.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts