Home » » Cara Menampilkan Rate Bintang /Google Rich Snippets di Blog

Cara Menampilkan Rate Bintang /Google Rich Snippets di Blog

Untuk Menampilkan Bintang /Google Rich Snippets di Blog ketika di search enggine sebenarnya sudah cukup lama ada, namun tidak semua blogger mengetahuinya. Tujuan utama membuat tampilan rate bintang di blog ketika di search di mesin pencari tidak lain dan tidak bukan untuk memberi kesan lebih menarik buat calon visitor untuk memilih /click blog yang mempunyai rate bintang atau bahasa kerennya google rich snippets di blogspot yang sudah kita buat.
Cara membuat google rach snippets (rate bintang yang muncul ketika di search engine) sebenarnya cukup simple dan mudah di terapkan di blogspot. dan ada beberapa trik /cara dalam penerepan ataupun tampilannya yang mungkin akan sedikit berbeda ketika tampil di search engine google nantinya. Dari sekian banyak cara membuat google rich snippets di blogspot maka saya memilih cara yang termudah menurut saya.

Berikut Cara Menampilkan Rate Bintang /Google Rich Snippets di Blog
1. Masuk ke dasboard blogger, dan pilih menu Template  >> Edit HTML
2. Pada bagian Edit HTML sobat cari dengan menekan tombol CTRL+F script kode <data:post.body/> dan letakkan script /kode berikut dibawahnya
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div style='margin-top:30px'>
<div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review-aggregate'>
  <div style='padding:5px;background:#CEECF5; font-size:11px; float:left;'>
Judul : <span itemprop='itemreviewed'><b><data:post.title/></b></span><br/>
Rating : <span itemprop='rating' itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Rating'>
      <span itemprop='average'>100%</span>
    </span>
    based on <span itemprop='votes'>9759</span> ratings.
    <span itemprop='count'>5</span> user reviews.<br/>
Ditulis Oleh <b><a href='https://plus.google.com/b/117881441577446052889/'><data:post.author/></a></b><br/><br/>
Terimakasih atas kunjungan Sobat beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jika ada yang kurang paham dapat ditanyakan melalui kotak komentar dibawah ini. </div>
</div>
</div>
</b:if>
3. Jika sudah klik Save Template

Pada teks yang berwarna merah silahkan ganti dengan ID google + (plus) masing-masing, sedangkan teks yang berwarna orange merupakan keterangan yang bisa sobat ganti sesuai selera masing-masing. dan Perlu sobat ingat biasanya script <data:post.body/> terdiri dari 3-4 script yang sama, biasanya saya memilih antara script yang ke-2 dan 3 tergantung template yang digunakan, jadi sesuaikan dengan template blog masing-masing dan test hasilnya.

Jika sudah di terapkan script tadi di artikel blog "bukan homepage blog", silahkan sobat cek apakah sudah benar atau belum bisa dicek melalui Google Structured Data Testing Tool

Jika disitu muncul rate tanda bintang berarti sudah success /berhasil, dan sobat tinggal menunggu saja artikel blog sobat di crouwled ulang oleh google lagi yang biasanya membutuhkan waktu 1-2hari tergantung kualitas blognya juga.
Judul : Cara Menampilkan Rate Bintang /Google Rich Snippets di Blog
Rating : 100% based on 79599 ratings. 297 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Thanks atas kunjungan Sobat beserta kesediaannya untuk membaca artikel ini. Jika ada yang kurang paham dapat ditanyakan melalui kotak komentar dibawah ini namun di larang berkomentar yg mengandung SARA.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts