Home » » Sistematika Penyusunan Makalah dan Kumpulan Makalah

Sistematika Penyusunan Makalah dan Kumpulan Makalah

Membuat makalah dari awal bagi sebagian siswa ataupun mahasiswa bukan perkara mudah, karena memang makalah harus disusun dengan rapi sesuai dengan standart penyusunan makalah yang telah ditetapkan. Banyak sebagian besar siswa ataupun mahasiswa mencari contoh kumpulan makalah di internet sesuai dengan kriteria makalah yang di inginkan. Namun contoh makalah tersebut ternyata susah di temukan.

Pengertian makalah itu sendiri merupakan suatu karya tulis ilmiah siswa pelajar atau mahasiswa yang membahas mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu instansi pendidikan /perkuliahan. Secara umum makalah digunakan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan suatu perkuliahan, baik berupa kajian pustaka maupun hasil kegiatan pembelajaran.
Sistematika Penyusunan Makalah
Mengenai sistematika dalam penyusunan makalah, ada beberapa bagian pokok yang biasanya meliputi :
1.  Pendahuluan, biasanya memuat tentang persoalan yang akan dibahas antara lain meliputi latar belakang masalah, batasan masalah dan rumusan masalah, prosedur pemecahan masalah dan sistematika uraiannya yang digunakan. Namun Anda juga bisa cukup menggunakan latar belakang masalah, batasan masalah dan rumusan masalah saja dalam penyusunannya.
2.  Isi, merupakan bagian makalah yang memuat tentang kemampuan penulis dalam mendemonstrasikan kemampuannya untuk menjawab persoalan atau masalah yang dibahasnya. Pada bagian isi boleh terdiri dari lebih satu bagian sesuai dengan permasalahan yang dikaji, serta apa saja yang ada dalam pendahuluan Anda jelaskan disini.
3. Kesimpulan, merupakan bagian yang memuat pemaknaan dari penulis terhadap diskusi atau pembahasan masalah berdasarkan kriteria dan sumber-sumber literatur atau data lapangan. Kesimpulan ini mengacu kepada hasil pembahasan permasalahan dan bukan merupakan ringkasan dari isi makalah.
Daftar Pustaka dan Lampiran
Biasanya berisi tentang catatan semua sumber yang Anda pergunakan dalam menulis makalah serta lampiran-lampiran yang bisa Anda ikut sertakan dalam makalah.

Naah buat anda yang sedang mencari kumpulan makalah, contoh makalah, ataupun cara penyusunan makalah yang baik dan benar bisa mengunjungi blog temen saya yang satunya di contohmakalah.org yang mungkin bisa di jadikan referensi untuk mencari makalah yang di inginkan.

Dengan blog yang berisi kumpulan makalah ini tentu harapannya bisa membantu rekan-rekan siswa ataupun mahasiswa yang sedang mencari makalah sesuai dengan kriteria makalah yang dicari. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir kalau mendapatkan tugas dari sekolah atau universitas untuk mencari makalah, karena sudah mempunyai referensi blog tentang kumpulan makalah.
Judul : Sistematika Penyusunan Makalah dan Kumpulan Makalah
Rating : 100% based on 79599 ratings. 297 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Thanks atas kunjungan Sobat beserta kesediaannya untuk membaca artikel ini. Jika ada yang kurang paham dapat ditanyakan melalui kotak komentar dibawah ini namun di larang berkomentar yg mengandung SARA.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts