Home » , » Instalasi Oscommerce di komputer lokal

Instalasi Oscommerce di komputer lokal


Oscomerce merupakan CMS yang khusus digunakan dalam membuat toko online secara mudah dan simpel. Disamping itu Oscomerce bersifat free license alias gratis, maka tidak heran CMS ini menjadi sangat menarik terutama bagi para pelaku bisnis yang ingin membuat toko online.
Sebelum kita membuat toko online sungguhan dalam internet, alangkah baiknya kita mencoba di komputer sendiri atau offline. Untuk menjalanka oscomerce anda harus terlebih dahulu menginstall web server lokal seperti Xampp, Apache atau Wampp. Untuk lebih jelasnya silahkan postingan saya tentang instalasi Web Server dalam komputer lokal /offline.
Langkah Pertama : Download Oscomerce disini, setelah selesai download kemudian extrak oscomerce dan copykan folder catalog pada web server yang tadi sudah terinstall, misal kalau seandainya pakai Xampp, “C:/xampp/htdoc/” kalau anda pakai Apache berarti anda bisa mencopykan folder catalog ke dalam direktory “C:/appserv/www/” langkah ini bersifat variatif, tergantung web server dan direktory yang digunakan pada saat instalasi.


Langkah KeDua : Rename folder catalog, ganti sesuai dengan yang anda inginkan. Misal : saya ganti menjadi tokohasan.com atau yang lain. Hal ini berguna pada saat pemanggilan melalui browser.
Langkah KeTiga : Masuk ke browser anda, disini saya menggunakan Mozilla Firefox. Ketikkan di address bar localhost/nama folder oscomerce anda dan klik tombol Continue. Disini saya contohkan localhost/tokohasan.com karena saya tadi merename folder catalog menjadi tokohasan.com perhatikan gambar berikut

Langkah KeEmpat : Pada pilihan Databases Server isikan localhost, username=root, pasword=”kosong”, database name = database yang telah anda buat, misal : db_tokohasan. Jika anda sebelumnya belum membuat database, silahkan membuat database terlebih dahulu pada PhpMyAdmin. Caranya pada adress bar browser anda ketikkan localhost/phpmyadmin kemudian enter. Buatlah database baru pada pilihan menu create new database >> Create.

Langkah KeLima : Pada pilihan WWW address merupakan alamat website untuk memanggil melalui browser anda, sedangkan Webserver Root Directory menunjukkan alamat penyimpanan di lokal disk anda. Sekarang tinggal klik tombol Continue.


Langkah KeEnam : Isikan data sembarang sesuai dengan keinginan anda, pada pilihan Store Name, Store Owner Name, Store Owner Email Address, isikan username dan pasword yang anda inginkan, username dan pasword ini nantinya berguna untuk back in oscomerce atau untuk masuk administrator website. Untuk Administration direktory name biarkan saja admin, ini berarti jika anda ingin masuk ke administrator website maka mempunyai alamat http://localhost/namawebsiteanda/admin kemudian setelah selesai melengkapi kolom, klik tombol Continue.Misal htttp://localhost/tokohasan.com/admin/


Maka proses instlasi selesai, sekarang anda bisa mengunjungi website toko online anda dengan mengklik tombol Catalog, klik Administration Tool jika ingin masuk ke administration menu website anda. 
Judul : Instalasi Oscommerce di komputer lokal
Rating : 100% based on 79599 ratings. 297 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Thanks atas kunjungan Sobat beserta kesediaannya untuk membaca artikel ini. Jika ada yang kurang paham dapat ditanyakan melalui kotak komentar dibawah ini namun di larang berkomentar yg mengandung SARA.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts