Home » , » Cara Instalasi Prestashop di Localhost/PC Lokal

Cara Instalasi Prestashop di Localhost/PC Lokal

Prestashop merupakan CMS Ecommerce yang digunakan untuk membangun online store atau toko online, sama seperti CMS lainnya prestashop juga bisa kita install di lokalhost komputer kita dengan syarat Anda sudah mempunyai web server lokal seperti Wampp ataupun Xampp.
Dengan menginstall prestashop di komputer lokal setidaknya bisa dijadikan uji coba atau belajar terlebih dahulu mengenai prestashop sebelum akhirnya membuat toko online/online store yang sebenarnya di internet.
  • Langkah pertama silahkan Start/aktifkan webserver Wampp/Xampp anda, kemudian download aplikasi prestashop di http://prestashop.com jika seudah didownload extract folder prestashopnya dan copykan ke : wampp\www\webprestashop jika menggunakan Wampp atau xampp\htdocs\webprestashop jika menggunakan Xampp disini saya contohkan menggunakan nama webprestashop anda bisa mengubahnya sendiri.

  • Kemudian panggil melalui browser anda dengan mengetikkan http://localhost/webprestashop/install/ kemudian pilih bahasa, centang pada pilihan I agree to the above terms and conditions klik tombol Next

  • Kemudian akan muncul System Compatible info, pilih tombol Next untuk melanjutkan maka akan muncul tampilan baru tentang konfigurasi database dan email configurations. kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan. Yang perlu di catat adalah pada pilihan database name = database anda, jika anda belum tau cara membuat database bisa lihat artikel saya sebelumnya disini.

  • Pada pilihan shop configurations, masukkan shop name, main actifity, country, logo, first name, email, pasword=min 8 huruf sesuai dengan keinginan anda dan kalau sudah klik tombol Next
  • Proses instalasi selesai, sekarang bisa anda cek front office web di alamat http://localhost/webprestashop(web anda) dan back office web di http://localhost/webprestashop/admin/ Tapi sebelumnya silahkan rename dulu folder install yang ada di Wampp\www\webprestashop(web anda)

Judul : Cara Instalasi Prestashop di Localhost/PC Lokal
Rating : 100% based on 79599 ratings. 297 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Thanks atas kunjungan Sobat beserta kesediaannya untuk membaca artikel ini. Jika ada yang kurang paham dapat ditanyakan melalui kotak komentar dibawah ini namun di larang berkomentar yg mengandung SARA.

2 komentar:

  1. terima kasih artikelnya, tapi mohon maaf sebelumnya, karena saya sama sekali awam mengenai hal seperti ini. saya sudah berhasil menginstal di http://localhost/presta/install/, tetapi saya belum sempat menghapus/merename " rename dulu folder install yang ada di Wampp\www\webprestashop(web anda)" saya sudah keburu mengklik "manage my store", lalu ada tampilan bahwa saya tidak bisa mengakses laman admin selama saya belum mendelete folder instal dan merename folder admin, dan saya harus "datang kembali" dari alamat www.domain.tld/admin560, tp tidak terbuka halaman apapun. saya juga masih bingung, mengenai folder yg harus direname/dibuang, apakah maksudnya folder2 yanga dalam folder prestashop yang telah diekstrak di xammp bagian hsdocnya tadi? mohon ditunjukan kesalahan saya dimana supaya saya bisa memanage store saya. Terima kasih sebelumnya. Salam

    ReplyDelete
  2. @ Missasoen : ok akan saya coba jawab ya, setau saya untuk instalasi CMS baik itu Joomla, Opencart, WP, Prestashop jika di localhost, maka setelah berhasil menginstallnya langkah berikutnya adalah menghapus folder Install.
    utk menghapus folder Install tinggal di cari di C:\\Wampp\www\webanda.com\install (naah kira2 ada bayangan kan ? jadi yg di hapus folder Install di dalam webanda.com)
    lokasi di atas jika anda pengguna Wampp, tapi klo Xampp beda tapi intinya sama folder Install terletak di dalam webanda.com

    ReplyDelete

Popular Posts