Home » » Cara Menginstall Joomla 1.7 di Komputer Lokal/offline

Cara Menginstall Joomla 1.7 di Komputer Lokal/offline

CSM Joomla merupakan salah satu CMS yang paling favorit digunakan oleh para web desain, karena dengan banyak fitur menarik yang terdapat dalam joomla, setelah pada fersi sebelumnya joomla merilis joomla 1.6, pada sekitar juli 2011 joomla merilis joomla 1.7 yang tentunya mempunyai banyak fitur tambahan ketimbang fersi2 sebelumnya seperti joomla 1.5 dan joomla 1.6, bagi temen-temen yang belum mengenal apa itu joomla sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya.
Untuk menginstall joomla di komputer lokal /pc offline silahkan ikuti langkah di bawah ini :
  • Pastikan komputer anda udah terinstall web server, bagi yang belum tau apa itu web server bisa baca terlebih dahulu artikel tentang web server disini.
  • Download joomla 1.7 di situ resmi joomla www.joomla.org
  • Kemudian extrak /unzip master joomla 1.7 yang tadi sudah di dowload rename misal : hasanaji.com, dan copykan ke web server komputer lokal. sekedar pengetahuan aja, copykan ke C:/appserv/www/ jika anda memakai appserv dan C:/Xampp/htdocs/ jika anda memakai xampp.
  • Masuk ke browser anda bisa mozilla, opera, google chrome,dll. kemudian ketikkan di address bar localhost/hasanaji.com/ karena tadi file tak rename menjadi hasanaji.com

  • Maka akan muncul seperti gambar di atas, Klik tombol Next sampai 3 kali hingga muncul perintah seperti dibawah ini

  • Pada pilihan Host Name=localhost, User Name=root, Pasword=kosongkan, Database Name=database yang di inginkan, Table Perfix=Nama Awalan tabel yang anda inginkan. Kemudian klik Next.
  • Maka akan muncul FTP Configuration, untuk FTP Configuration di kosongkan saja dan langsung klik Next

  • Kemudian Pada Pilihan Site Name= isikan judul website yang anda inginkan. Misal : Website Hasanaji. Your email = email anda, Admin username = username administrator yang anda inginkan. Misal : admin. Admin Pasword = pasword admin yang di inginkan, misal : admin123. Confirm Admin pasword = admin123. Username dan pasword ini nantinya digunakan untuk masuk ke administrator joomla.

  • Klik tombol Next, kemudian klik tombol Remove Instalation Folder untuk menghapus Folder Instalation. maka instalasi selesai. untuk menuju website silahkan ketikkan localhost/namaweb.com Misal : localhost/hasanaji.com
Sekian, dan mudah-mudahan bisa membantu.
Judul : Cara Menginstall Joomla 1.7 di Komputer Lokal/offline
Rating : 100% based on 79599 ratings. 297 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Thanks atas kunjungan Sobat beserta kesediaannya untuk membaca artikel ini. Jika ada yang kurang paham dapat ditanyakan melalui kotak komentar dibawah ini namun di larang berkomentar yg mengandung SARA.

8 komentar:

  1. thanks tutorial x...

    ReplyDelete
  2. bang kok setelah isi hostname, username dan nama database di klik next muncul pesan galat/error tulisannya tidak dpt connect ke mysql tuh gmn yah bang??

    ReplyDelete
  3. @anonim : da beberapa kemungkinan...
    cek dulu xampp/wampp nya dah aktif blum ? klo udah..
    cek kmungkinan apa udah sesuai prosedur, misal hostname=localhost username=root pasword=kosongkan...& dbase=dbjoomla/isi sesuai db yang di inginkan...

    ReplyDelete
  4. mohon bantuan gan..

    udah install web server appserv-win32-2.5.10 , trus unzip Joomla_1.7.3-Stable-Full_Package dan foldernya udah di-rename nama domain..
    dan juga dicopy foldernya ke C:appserv
    tapi saat dicoba di IE : localhost/domain.com..nya dank bisa ..mohon pencerahan

    ReplyDelete
  5. @Zain : muncul pesannya apa gan ?
    pastiin naruhnya di C:/appserv/www/namadomain.com
    klo tetep ndak isa kemungkinan appserv nya ndak support/sesuai dengan seri joomlanya gan...
    di coba appserv seri terbaru/mungkin diganti dengan wampp.

    ReplyDelete
  6. terima kasih gan sudah kasih tutorialnya.. sedang belajar jomla ini..
    dan jika mau.. berkenan jangaan lupa balik kunjungi web saya ya.. :)
    terima kasih

    ReplyDelete
  7. @ Tri Wahyu : iya gan, smoga bermanfaat...
    salam kenal juga....

    ReplyDelete

Popular Posts